cover
Contact Name
Eko Nur Hidayat
Contact Email
ekonurhidayat@akpelni.ac.id
Phone
+62248446272
Journal Mail Official
ekonurhidayat@akpelni.ac.id
Editorial Address
Jl. Pawiyatan Luhur II/17 Bendan Dhuwur Gajahmungkur Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Majalah Ilmiah Gema Maritim
ISSN : 14112302     EISSN : 2656629X     DOI : https://doi.org/10.37612/gema-maritim
Core Subject : Engineering,
Majalah Ilmiah Gema Maritim adalah majalah ilmiah yang terbit enam bulanan. Lingkup bidang ilmu adalah ilmu terapan meliputi permesinan, kelistrikan, perawatan permesinan, pneumatic, sistem kontrol, elektronika, navigasi, keselamatan, astronomi, stabilitas kapal, logistik, eksport import, kepabeanan, kepelabuhanan, transportasi laut, bahasa, teknologi informatika dan komunikasi. Artikel yang akan diterbitkan dialamatkan ke editor. Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk pemuatan artikel tersedia di setiap terbitan. Semua artikel yang dikirimkan akan diseleksi melalui proses review oleh reviewer (mitra bestari). Majalah ini terbit secara berkala setiap 6 bulanan, yaitu di semester Gasal bulan September dan Semester genap bulan Maret
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 22 No 2 (2020): Gema Maritim Vol 22 No 2 tahun 2020 tanggal 30 September 2020" : 12 Documents clear
Analisis Jump Ship Crew On Board pada PT Karya Sumber Energy Kurnia Faiztri Susanto; Andy Wahyu Hermanto
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 22 No 2 (2020): Gema Maritim Vol 22 No 2 tahun 2020 tanggal 30 September 2020
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.272 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v22i2.100

Abstract

Jump Ship Crew On Board merupakan permasalahan yang sering terjadi diperusahaan pelayaran khususnya perusahaan pelayaran yang menangani rekrutmen crew kapal dimana crew kapal meninggalkan kapal dan tanggungjawabnya sebagai awak kapal, hal ini dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab dan dampak yang timbul dari jump ship crew on board serta upaya yang dilakukan untuk mencegahnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan mendeskripsikan secara terperinci permasalahan jump ship crew on board pada PT Karya Sumber Energy. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, literature buku dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bawa. Penyebab terjadinya jump ship crew on board ada 2 (dua) faktor yaitu faktor internal yang berasal dari crew kapal itu sendiri dan faktor eksternal yang berasal dari kesalahan pihak PT Karya Sumber Energy. Dampak yang timbul dari jump ship crew on board pada PT Karya Sumber Energy dapat dilihat dalam bidang operasional, personalia dan financial, dan upaya yang dilakukan PT Karya Sumber Energy untuk mencegah jump ship crew on board dengan melakukan pembagian kerja, memperketat proses rekrutmen crew kapal, serta membangun komunikasi yang baik.
Pelaksanaan Kegiatan Rencana Operasi Kapal Patroli di Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Kelas II Tanjung Perak Surabaya Purwantini S; Wahyuni
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 22 No 2 (2020): Gema Maritim Vol 22 No 2 tahun 2020 tanggal 30 September 2020
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.826 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v22i2.101

Abstract

Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai adalah Unit Pelaksana Teknis yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Perhubungan Laut. Mempunyai tugas melaksanakan kegiatan penjagaan, penyelamatan, pengamanan dan penertiban serta penegakan peraturan perundang-undangan di bidang pelayaran. Menindaklanjuti Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut No. KL.006/1/8/DJPL-13 perihal Pedoman Penyusunan Rencana Operasi Kapal Patroli Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai mengharuskan menyusun rencana operasi secara rutin setiap tahun dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai . Rencana operasi ini merupakan evaluasi dan pengembangan dari rencana operasi tahun sebelumnya. Dalam penelitian ini, penulis melaksanakan pengamatan secara langsung terhadap kegiatan rencana operasi kapal patroli dan terdapat permasalahan yaitu kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan kompetensinya dan kondisi kapal yang minim. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan rencana operasi kapal patroli di Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) kelas II Tanjung Perak Surabaya, faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan tugas patrol dan upaya untuk mengatasi kendala tersebut. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dan untuk menganalisis data menggunakan teknik deskripsi analitis. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode, dengan melakukan pengecekan hasil penelitian dengan teknik pengumpulan data yang berbeda yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan dalam pelaksanaan patroli operasi kapal antara lain kurangnya sumber daya manusia dan kompetensinya dan kondisi kapal yang minim, Upaya dalam mengatasi kendala tersebut dilakukan dengan membuka pelatihan diklat keterampilan dan updating Sertifikat dan pembaharuan kapal patroli dan perawatan fasilitas kapal.
Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Peningkatan Jumlah Penerimaan Taruna di Politeknik Bumi Akpelni Aan Rubiyanto
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 22 No 2 (2020): Gema Maritim Vol 22 No 2 tahun 2020 tanggal 30 September 2020
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.256 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v22i2.102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisa tentang pengaruh promosi, kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah Taruna dengan menggunakan metode campuran (mix method). Subjek dalam penelitian ini adalah calon Taruna baru Politeknik Bumi Akpelni (PBA) program studi Nautika angkatan 55 sebanyak 163 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuisioner, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan tehnik triangulasi data dan tehnik uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh promosi yang dilakukan oleh Politeknik Bumi Akpelni adalah melalui alumni, Taruna aktif, penyebaran brosur, saudara, internet dan PBA expo. Dari pembahasan diperoleh bahwa secara parsial “saudara” memiliki pengaruh yang besar, yaitu sebesar 32,02%, sedangkan variabel yang paling sedikit pengaruhnya adalah PBA expo yaitu 7,18%. Variabel alumni, saudara, Taruna aktif, brosur, internet dan PBA expo secara serentak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah Taruna yaitu sebesar 97,35 %, sedangkan sisanya 2,65% dipengaruhi oleh variabel lain. Dalam kajian ini, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang baik menjadi penting karena akan berdampak langsung pada citra dan keuntungan lembaga. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mempertimbangkan aspek kepuasan pelanggan terkait dengan kualitas pelayanan yang diberikan. Disisi lain, adanya faktor penghambat seperti biaya promosi yang kurang cukup, dan tidak dimilikinya Sumber Daya Manusia dalam bidang ilmu komunikasi perlu menjadi hal penting yang harus diperhatikan.
Analisa Kuantitatif Pengaruh Penambahan Konstruksi Sekat Melintang dan Double Bottom Kapal SPOB 3500 DWT Terhadap Lightship Panut Widodo
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 22 No 2 (2020): Gema Maritim Vol 22 No 2 tahun 2020 tanggal 30 September 2020
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.907 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v22i2.103

Abstract

Pada saat pembaharuan sertifikat class BKI, kapal harus mengikuti dan memenuhi persyaratan peraturan BKI yang terbaru tahun 2019. Kapal SPOB 3500 DWT pengangkut Crude Product Oil (CPO) dan dibangun tahun 1984 ini, harus menambah sekat melintang di tanki muatnya dan merubah konstruksi bottom dari dasar tunggal menjadi dasar ganda (double bottom). Terkait dengan persyaratan peraturan BKI tersebut, maka perlu dilaksanakan perhitungan konstruksi double bottom dan penambahan sekat melintangnya. Dengan penambahan konstruksi sekat melintang dan dasar ganda ini, tentunya akan menambah berat lightship (LWT) kapal. Dalam penelitian ini dilakukan studi terhadap data gambar konstruksi lama yang tersedia, dan perhitungan ukuran konstruksi sekat melintang tambahan dan double bottom berdasarkan rule BKI 2019 Volume II. Dari ukuran dan data konstruksi tersebut dapat dihitung berat konstruksi akibat penambahan sekat dan double bottom dengan metode matematis. Berdasarkan hasil perhitungan maka ada penambahan 2 sekat melintang tebal 8,0 mm dan inner bottom tebal 8,0 mm, total penambahan berat konstruksi adalah 91032 kg, berat lightship kapal semula 678.84 ton berubah menjadi 768,872 ton, sehingga ada penambahan berat sebesar 13,41%
Analisa Dampak Keterlambatan Mutasi terhadap Kinerja Pelaut Renny Hermawati; Ali Khamdilah
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 22 No 2 (2020): Gema Maritim Vol 22 No 2 tahun 2020 tanggal 30 September 2020
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.099 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v22i2.104

Abstract

Pelaut adalah sebutan untuk orang yang bekerja diatas kapal. Dalam bekerja, seorang pelaut dituntut untuk menyelesaikan kontrak kerja sesuai dengan yang tertuang dalam Perjanjian Kerja Laut (PKL). PKL dinyatakan syah apabila ditandatangani oleh pelaut yang bersangkutan, pemilik kapal serta disyahkan oleh Syahbandar. Ketika seorang pelaut menyelesaikan masa kontrak yang telah disepakati dan tertuang dalam PKL, selanjutnya pelaut tersebut berhak mendapatkan cuti. Akan tetapi berdasarkan fenomena yang ada dilapangan, ditemukan pelaut yang tetap bekerja diatas kapal sekalipun telah selesai masa kontraknya.Untuk mengetahui efektifitas kinerja yang dihasilkan oleh pelaut yang mengalami over kontrak, dilakukanlah analisa terhadap dampak keterlambatan mutasi on dan mutasi off terhadap pelaut dengan menggunakan media SWOT Analysis. Berdasarkan Hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa kelemahan dan hambatan yang akan dialami oleh perusahaan jauh lebih banyak dibandingkan dengan kekuatan dan tantangan/peluang yang akan dialami.
Peranan QHSSE Management dalam Upaya Meningkatkan Keamanan dan Keselamatan Kerja pada PT. Jasa Armada Indonesia Jakarta Retno Indriyati; Nurlia Laila Sofa
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 22 No 2 (2020): Gema Maritim Vol 22 No 2 tahun 2020 tanggal 30 September 2020
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.848 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v22i2.105

Abstract

Keselamatan kerja diartikan sebagai suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah maupun rohaniah tenaga kerja pada khususnya dan manusia pada umumnya serta hasil budaya dan karyanya, sebagai suatu pengetahuan dan penerapannya dalam usaha mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis peranan QHSSE Management dalam upaya meningkatkan keamanan dan keselamatan kerja pada PT. Jasa Armada Indonesia Jakarta. Hasil pembahasan membuktikan bahwa Kesadaran Awak Kapal Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Masih Kurang, Awak Kapal Belum Menerapkan Implementasi ISM Code diatas Kapal sesuai dengan Harapan QHSSE Management dan Perawatan Kapal Belum Optimal. Keselamatan dan keamanan kerja merupakan prioritas utama bagi seorang pelaut saat bekerja diatas kapal. Oleh karena itu, penggunaan alat pelindung diri sangat penting bagi awak kapal pada saat bekerja di atas kapal. Perusahaan harus memberikan tanggung jawab terhadap semua orang yang hidup atau bekerja diatas kapal untuk mengimplementasikan ISM-Code dengan baik, dan selain itu perawatan kapal merupakan hal penting yang harus di perhatikan dari sebuah kapal, sehingga harus dilakukan secara rutin.
Upaya Keterlambatan Noon Report Kapal MT. Cipta Anyer pada PT. Cipta Samudera Shipping Line Nur Rohmah; Vega F. Andromeda; Hayatussakinatuddarain
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 22 No 2 (2020): Gema Maritim Vol 22 No 2 tahun 2020 tanggal 30 September 2020
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.962 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v22i2.106

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya keterlambatan noon report kapal MT. Cipta Anyer pada PT. Cipta Samudera Shipping Line Surabaya, untuk mengidentifikasi dampak yang di timbulkan akibat keterlambatan noon report kapal MT. Cipta Anyer dan untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan guna mengatasi keterlambatan noon report kepada PT. Cipta Samudera Shipping Line Surabaya. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjabarkan pembahasan mengenai keterlambatan pengiriman noon report MT. Cipta Anyer pada PT. Cipta Samudera Shipping Line.Metode kualitatif adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisa fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, presepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data penelitian adalah data primer dan data sekunder. Hasil dari penilitian ini adalah penyebab keterlambatan noon report kapal MT. Cipta Anyer pada PT. Cipta Samudera Shipping Line ialah tidak adanya SOP yang mengatur secara detail tentang noon report, pengiriman noon report melebihi batas waktu yang telah ditentukan, dan koneksi internet yang tidak stabil. Dampak yang ditimbulkan akibat keterlambatan noon report kapal lain adalah menghambat kinerja staff finance, kinerja perusahaan menjadi tidak optimal,dan menyebabkan kerja extra terhadap perwira yang bertanggung jawab dalam pengiriman noon report. Upaya yang harus dilakukan guna mengatasi keterlambatan noon report kapal adalah memberikan trainning mengenai pengiriman noon report untuk menghindari keterlambatan, melakukan evaluasi antara staff perusahaan dengan anak buah kapal terkait keterlambatan noon report, dan menyediakan koneksi internet yang memadai.
Optimalisasi Pelayanan Dokumen Kedatangan Kapal Asing Saat Terjadinya Covid-19 Sulida Erliyana; Evita Oktaviana
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 22 No 2 (2020): Gema Maritim Vol 22 No 2 tahun 2020 tanggal 30 September 2020
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (586.977 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v22i2.107

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengkaji dan menjelaskan tentang pelayanan keagenan dalam menangani kedatangan kapal asing saat terjadinya pandemi COVID-19. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu menganalisa dokumen berupa kumpulan kata kata tertulis dari orang-orang yang melakukan kegiatan di lapangan yang telah diamati oleh peneliti. Selain itu, pengumpulan data juga dilakukan kepada obyek penelitian melalui metode observasi, metode wawancara dan metode kepustakaan. Dari hasil pembahasan, diperoleh bahwa pelayanan keagenan dalam menangani kedatangan kapal asing saat terjadi pandemi COVID-19 dilakukan dengan cara memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada, antara lain menyelesaikan clearance in dengan cepat, menggunakan masker, sarung tangan, handsinitizer , dan mematuhi protkcol kesehatan yang berlaku. Selain itu, hal yang paling penting adalah meningkatkan koordinasi dengan instansi yang terkait dalam hal kedatangan kapal, dan menyiapkan atau mengecek dokumen kapal dengan baik agar tidak ada kekurangan dokumen, dan demi kelancaran proses clearance in yang penanganannya berbeda ketika sebelum dan sesudah pandemi Covid 19. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pelayanan keagenan masih belum dioptimalkan sehingga dibutuhkan evaluasi terhadap beberapa masalah agar terjadi suatu peningkatan dalam pelayanannya serta memfasilitasi yang masih di nilai kurang agar menjadi perusahaan keagenan yang berperan secara baik.
Perbandingan Kekuatan Uji Tarik Penyambungan Plat Kapal Menggunakan Elektroda RB-26 dan LB-52 Syahrozi; Sri Pramono; Riyanto Wibowo
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 22 No 2 (2020): Gema Maritim Vol 22 No 2 tahun 2020 tanggal 30 September 2020
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.145 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v22i2.108

Abstract

Pengelasan adalah penyambungan dua buah logam baik dengan atau tanpa tekanan dan dengan atau tanpa tambahan bahan. Dari beberapa jenis las ada salah satu jenis yaitu las shielded metal arc welding (SMAW) yang sering di gunakan pada kegiatan pengelasan. Tujuan di adakan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan elektroda pada pengelasan SMAW dengan menggunakan Marin plate dengan menggunakan Variasi elektroda dan kekuatan sambungan las. Metode yang di pakai dalam penelitian ini adalah dengan pengujian Tarik yang di lakukan di Lab Teknik Mesin UNWAHAS, dari hasil data yang didapat dan setelah proses pengolahan data di peroleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada variasi kekuatan Tarik sambungan las, dan pada variasi penggunaan elektroda RB-26 dan LB-52 tidak ada pengaruh yang siknifikan serta hasil yang terahir adalah terdapat pengaruh yang siknifikan pada kombinasi penggunaan kedua variasi tersebut.
Peningkatan Pelayanan Muatan Kendaraan pada Kapal KM. Mutiara Timur 1 Tini Utami; Aditya Mutiara Dewi
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 22 No 2 (2020): Gema Maritim Vol 22 No 2 tahun 2020 tanggal 30 September 2020
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.408 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v22i2.109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Strategi yang diterapkan oleh PT Atosim Lampung Cabang Semarang dalam Peningkatan Pelayanan Jasa Penumpang Dan Barang pada Kapal Ro-Ro, serta mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis Miles Huberman. Dari hasil penelitian telah diperoleh bahwa: Strategi peningkatan pelayanan jasa penumpang dan barang Kapal Ro-Ro dapat dikategorikan berhasil dalam mengatasi masalah – masalah yang ada, seperti halnya pelayanan jasa, jaminan kerugian, sarana prasarana, sistem E-Ticketing, kenyamanan dan keamanan. Selain itu, hasil penelitian ini juga berdasarkan pada penggunaan penerapan Lima Elemen Service Quality (ServQual) seperti Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiveness (RATER) oleh PT Atosim Lampung Pelayaran Cabang Semarang.

Page 1 of 2 | Total Record : 12